Jumat, 05 Oktober 2012

Review Komik Digital - Bang Blackk

TUGAS GLSC 1: “MEREVIEW KOMIK DIGITAL BANGBLACK”
Dosen: Muhammad Ismail                  Kode Dosen: D4556
Sumber:       www.facebook.com/bangblackk
                     www.ngomik.com/mael

        Twitter:            @bangblackk


Halo semua, lama tidak update blog ini, sekarang saya akan review nih tentang komik yang diterbitkan secara online, kenapa komik online begitu tenar ? dengan kemajuan tekhnologi dan kemampuan manusia menciptakan terobosan baru yang ada,  pada akhirnya menciptakan sesuatu yang lebih efisien dan tentunya membaca komik online membuat kita lebih efisien, efisien dalam apa aja? Efisien waktu seperti contoh kalo lagi males atau mules (?) ke toko komik, efisien pengeluaran kertas yang berarti ga perlu ngeluarin duit yang berarti lagi gratisaaan (kalo yang ini baru saya suka hehe) dan tentunya terbuka peluang bagi kita yang mau nerbitin komik sendiri tapi ga perlu meminta penerbit tentunya.

            Dan sekarang kita ambil contoh komik yang sedang tenarnya di dunia maya, bukan sembarang komik karna isinya penuh dengan kegantengan, saingan manusia baka dalam hal kegantengan serta panutan bagi anda yang kurang ganteng (eh?) tidak lain dan tidak bukan komik “bang blackk”. Sedikit cerita tentang komik bang blackk, komik ini menceritakan tentang lelaki atau lebih enak disebut om-om tapi ga ganas yang penuh dengan kepedean tingkat dewa dengan kegantengannya, bang blackk ini digambarkan mempunyai kumis dan kacamata hitam serta secara personality merupakan orang yang asik, lucu, pede dan menyukai seorang wanita bernama mayang, bahkan dia rela obral 1000% harga dirinya (cieee) tapi dalam topik post kali ini saya tidak me-review si abang blackk-nya tapi lebih menganalisa bagaimana sang pembuat komik ini bisa membuat bang blackk berada di dunia online.


saudara sepergantengan

            Setelah saya mencari referensi-referensi yang pastinya akan sangat berguna bagi pembaca, ada beberapa pilihan untuk membuat komik online dan salah satunya yaitu Scanner. Dengan scanner kita bisa membuat gambar digital secara manual melalui kertas terlebih dahulu kemudian dengan Scanner simsalabim berubahlah gambar yang semula berada di kertas ada di layar monitor komputer kita.

            Tidak cukup hanya scanner, tentunya kita butuh software untuk membuat komiknya makin ciamik, ada banyak software Grafik dan Multimedia yang bisa kita pake, dan ini ada beberapa yang saya rekomendasikan, seperti Photoshop (bukan Sotoshop), Photoshop yang pada awal pengembangannya hanya untuk menyunting gambar untuk menjadi basis kertas sekarang ini sudah dapat kita gunakkan lebih meluas dan tentunya bisa berguna untuk komik yang akan kita buat, seperti colouring atau membuat tampilan gambar menjadi semakin menarik.



Satu hal yang mebuat saya sendiri berfikir 2 kali (atau bahkan sampai 5 kali) adalah harga Photoshop ini yang relatif mahal, yaitu sekitar US $600, tentunya mahal bagi anak kost, tapi harga yang begitu mahal memang pantas karna Photoshop ditunjukkan untuk profesional.

                          Yang kedua adalah Mangastudio, sesuai namanya tentu software ini ditujukan untuk membuat manga kalau namanya mie ayam studio pasti software buat mie ayam #ngek, didalam software ini banyak fitur yang sangat menarik seperti lebih dari 3000 warna dan dapat kita kreasikan sendiri serta adanya alat membuat panel serta alat membuat text, balon komik yang tentunya dapat berguna ketika kita ingin membuat dialog sebuah komik. Tidak lupa sang creator menyertakan vektor toolkit, profesional filter set untuk menyesuaikan warna yang ada pada gambar atau menambah efek kilau atau hujan, menambahkan objek 3D dengan lebih dari 550 built-in 3D objects dan menyesuaikan gambar pada halaman anda.



                              Yang terakhir rekomendasi software dari saya adalah Paint Tool SAI, Paint Tool SAI adalah software yang dapat digunakan untuk menggambar secara digital yang dikembangkan oleh Systemax tapi SAI lebih unggul dalam hal colouring karna banyaknya pilihan brush dalam teknik mewarnai dan effect-nya, kelebihan SAI adalah filenya yang ringan serta tak memberatkan komputer/laptop anda.


            Setelah kita membuat komik menjadi data digital tentunya kita harus menjadikannya komik online, kita bisa share komik kita melalui facebook atau blog, tak cukup sampai situ karna sekarang sudah ada web yang siap untuk menampung imajinasi kita lewat komik, bang blackk pun selain eksis di Facebook dia hadir juga di website www.ngomik.com selain ngomik, ada juga www.indocomic.com, http://komikindonesia.com. www.jawarakomik.com dan http://komik.multiply.com dan yang pasti semua web itu adalah asli indonesia, tinggal dipilih :3

                Sekian Review dari saya, software yang saya rekomendasikan ini tentunya ber-jenis Graphics and multimedia software, oke, intinya salam sesama ganteng :D

Di review oleh: Rizky Maulana  1601256222  01PLM

Tidak ada komentar:

SI GANTENG

SI GANTENG
masi idup trnyata